Senin, 03 Juni 2013

Microsoft Word

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRjxHoDiI6Ierdl3BkeQH0sBTdLuZfbJ8fYpoiL0OCwMC8IgcpWUA8M1yZyomTu4QAQt7T4oJb8WRELHtzgg6vhiACtAcCZBc5uTg8YarWawmCHAICubcx8kHte6tQnp3Sw9DbxS5MXOg/s1600/microsoft-word-issues.png
Assalamualaikum...
Pembahasan kali ini mengenai Microsoft Word secara umum 
Microsoft Word merupakan program aplikasi yang sangat terkenal dan dipakai oleh banyak sekali orang maupun perusahaan sehingga Microsoft Word merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki oleh pengguna komputer. Microsoft Word mampu mengolah kata dan kalimat untuk suatu tujuan tertentu dalam hal pengetikan, pemformatan, pencetakan, dan presentasi tampilan. Microsoft Word biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain. Microsoft Word merupakan suatu bagian dari Microsoft Office yang terus menerus berkembang dari versi 97, 2000, XP, 2003, 2007, 2010, dan 2013.
Untuk membuka Microsoft Word salah satunya dengan cara:
1.        Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2.        Pilih menu All Program kemudian cari aplikasi Microsoft Office.
3.    Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word terlihat.
Jendela Aplikasi Word dan Fungsi-Fungsinya
Mengenal Bagian Dokumen Microsoft Word 2007:
1.  Tombol Office: tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar, seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan sebagainya.
2.      Quick Address Toolbar: toolbar yang terdiri sejumlah perintah customize quick access toolbar yang akan memudahkan pengguna.
-       Save: menyimpan dokumen dengan nama sama
-       Undo: membatalkan perintah terakhir
-       Redo: Memutuskan suatu perintah yang semula dibatalkan
-       New: membuat lembar kerja/ slide baru
-       Print: preview Menampilkan dokumen sebelum dicetak
-       Open: membuka dokumen yang pernah disimpan
3.    Customize quick access toolbar : tombol untuk memodifikasi perintah-perintah pada Quick Address Toolbar.
4.      Tab: bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai kelompoknya, dalam Microsoft Word tab terdiri dari Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Dalam tab juga terdapat tombol dialog yaitu tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah yang di simpan di dalamnya.
5.        Tombol pengatur jendela :
a.       Minimize: tombol untuk memperkecil tampilan jendela.
b.      Maximize: tombol untuk memperbesar tampilan jendela.
c.       Close: tombol untuk menutup jendela.
6.        Lambang Tab: ciri/ tanda posisi tab pada baris atau paragraph.
7.        View ruler: fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal maupun vertical.
8.        Ruler: bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi.
9.        Baris penggulung: fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertical.
10.    Halaman kerja: media kerja yang berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word diaktifkan.
11.    Baris status: fasilitas yang berisi nomor halaman yang sedang aktif, zoom dan lain sebagainya.
a.   Pengatur tampilan halaman kerja: fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti print layout, full screen reading, web layout, outline, dan draft.
b.  Zoom: bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol + memperbesar, tombol – memperkecil.
Tampilandan fungsi elemen pada tabulasi:
1.        Home
Pada tabulasi Home terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Clipboard, terdapat beberapa perintah:
-       Paste: menampilkan hasil dari Copy ke dalam halaman kerja
-       Cut: Memotong/ memindah teks/ objek
-       Copy: Menyalin teks/ objek
-       Format painter: Menyalin karakter tertentu
b.    Font, terdapat beberapa perintah:
-       Font: mengatur jenis huruf
-       Font size: mengatur ukuran huruf
-       Bold: membuat efek teks tebal
-       Italic: membuat efek teks miring
-       Underline: membuat efek teks dengan garis bawah
-       Subscript: membuat teks ditampilkan lebih kecil dan lebih turun
-       Superscript: membuat teks ditampilkan lebih kecil dan lebih naik
-       Change case: mengatur besar kecil / huruf kapital
-       Font color: memberi warna pada huruf
-       Clear formatting: untuk menghapus semua pengaturan huruf sebelumnya
-       Text highlight color: untuk membuat teks terlihat ditandai dengan menambahkan highlight colour.
c.    Paragraph, terdapat beberapa perintah:
-       Line spacing: mengatur jarak spasi baris
-       Bullets: membuat penomoran otomatis berupa simbol
-       Numbering: memberi penomoran berupa angka atau huruf
-       Indent left: mengatur indentasi kiri Paragraph
-       Indent right: mengatur indentasi kanan Paragraph
-       Sort: mengurutkan huruf/ angka
-       Bottom border: untuk memberikan garis tepi tabel
-       Shading: untuk memberikan efek warna pada bayangan huruf
d.   Styles, untuk mengatur bentuk huruf beserta formatnya.
e.    Editing, terdapat beberapa perintah:
-       Find: untuk melakukan proses pencarian teks pada naskah.
-       Replace: untuk melakukan penggantian teks yang.
-       Select: menghapus data yang telah dipilih pada dokumen.
2.        Insert
Pada tabulasi Insert terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Pages, terdapat beberapa perintah:
-  Cover page: untuk menyisipkan jenis sampul yang dikehendaki dengan format yang telah disediakan.
-       Blank page: untuk menyisipkan halaman kosong pada cursor yang dipilih.
-       Page break: untuk menentukan pemindahan halaman selanjutnya.
b.    Tables: untuk menyisipkan tabel dengan jumlah baris dan kolom yang dikehendaki.
c.    Illustrations, terdapat beberapa perintah:
-       Picture: untuk menyisipkan gambar pada dokumen
-       Clip art: untuk menyisipkan clip art pada dokumen
-       Shapes: untuk menyisipkan clip art pada dokumen
-       Smart art graphic: untuk menyisipkan grafik pada dokumen
-       Chart: untuk menyisipkan grafik pada dokumen
d.   Link, terdapat beberapa perintah:
-       Hyperlink: penghubung untuk menambah atau memasukkan data atau dokumen dengan berbagai bentuk.
-       Bookmark: untuk menyisipkan tanda baik pada teks, gambar, ataupun grafik
-       Cross reference: untuk menyisipkan croosreference, footnote, dan caption
e.    Header dan footer, terdapat beberapa perintah:
-       Header: untuk menyisipkan nomor halaman yang diletakkan diatas halaman
-       Footer: untuk menyisipkan nomor halaman yang diletakkan dibawah halaman
-       Page number: untuk menyisipkan nomor halaman
f.     Text, terdapat beberapa perintah:
-       Text box: untuk menyisipkan teks dan juga gambar dalam kotak yang sktif di dokumen
-       Quick parts
-       Wordart: menyisipkan wordart
-       Drop cap: untuk memilih jenis ukuran teks/ huruf di awal paragraf
-       Signature line: untuk menyisipkan garis sebagai tempat tanda tangan.
-       Date & time: untuk memberikan tanggal/ jam pada halaman
-       Object: untuk menyisipkan obyek
g.    Symbols, terdapat beberapa perintah:
-       Equation: untuk menyisipkan teks rumus
-       Symbol: untuk menyisipkan simbol
3.        Page layout
Pada tabulasi Page Layout terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Themes, terdapat beberapa perintah:
-       Themes: untuk mengubah semua desain dari dokumen, warna, huruf dan juga efek.
-       Theme color: untuk memberi warna pada tema
-       Theme font: untuk mengubah bentuk huruf pada tema
-       Theme effects: untuk mengubah efek pada tema
b.    Page setup, terdapat beberapa perintah:
-       Margins: mengatur margin halaman/ batas tepi kertas
-       Orientation: mengatur posisi pencetakan
-       Size: mengatur ukuran kertas yang akan digunakan
-       Columns: membuat teks berkolom
-       Breaks: untuk menentukan pemindahan halaman
-       Line number: memberi penomoran yang berbeda pada tiap baris.
-       Hyphenation: untuk memberikan tanda penghubung pada kata.
c.    Page background, terdapat beberapa perintah:
-       Watermark: untuk menyisipkan bayangan teks pada halaman.
-       Page color: untuk memberikan warna pada halaman.
-       Page border: untuk memberikan garis tepi pada halaman.
d.   Paragraph, terdapat beberapa perintah:
-       Indent: untuk mengatur sisi kiri dan kanan paragraf.
-       Spacing: untuk menentukan jarak spasi antar paragraf baik sebelum dan setelah paragraf.
e.    Arrange, terdapat beberapa perintah:
-          Position: untuk mengatur posisi objek pada halaman.
-          Bring to front: untuk membawa objek yang telah dipilih ke depan dari semua objek yang ada.
-          Send to back: untuk mengirim objek yang dipilih disamping objek yang lain.
-     Text wrapping: untuk mengubah Teks dengan cara memberi pembatas di sekitar objek yang dipilih
-          Align: untuk menyelaraskan tepi dari beberapa objek yang dipilih.
-          Group: untuk menggabungkan objek satu dengan yang lainnya
-          Rotate: untuk memutar objek yang dipilih.
4.        References
Pada tabulasi References terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Table of contents, terdapat beberapa perintah:
-       Table of contents: untuk menambahkan isi tabel pada dokumen.
-       Add text: untuk menambahkan teks pada tabel.
-       Upldate table: untuk memperbarui isi tabel berdasarkan nomor halaman yang salah
b.    Footnotes, terdapat beberapa perintah:
-       Insert footnote: untuk menambahkan catatan kaki pada dokumen.
-       Insert endnote: untuk menambahkan akhir catatan kaki pada dokumen.
-       Next footnote: sebagai navigasi pada dokumen sebelumnya atau setelahnya.
-       Show note: untuk melihat dokumen yang terdapat catatan kaki
c.    Citations dan bibliography, terdapat beberapa perintah:
-      Insert citation: untuk menyisipkan kutipan buku, artikel jurnal, atau berkala lainnya sebagai sumber untuk informasi dalam dokumen
-       Manage sources: untuk melihat daftar semua sumber yang dikutip dalam dokumen
-       Style: untuk memilih gaya kutipan yang akan digunakan dalam dokumen
-   Bibliography: untuk menambahkan bibliografi, yang terdaftar semua dari sumber kutipan dalam dokumen
d.   Captions, terdapat beberapa perintah:
-       Insert caption: untuk menyisipkan keterangan pada gambar atau foto
-       Insert tables of figures: untuk menyisipkan tabel atau figur dalam dokumen
-  Update table: untuk memperbarui tabel atau figur kemudian memasukkan semua  dari entri dokumen.
e.    Index, terdapat beberapa perintah:
-       Mark entry: memasukan teks yang dipilih dalam indeks dokumen
-       Insert index: untuk memasukkan indeks ke dalam dokumen
-       Update index: untuk memperbarui indeks berdasarkan nomor halaman yang salah
f.     Table of authorities, terdapat beberapa perintah:
-       Mark citation: untuk menambah jumlah teks yang dipilih sebagai suatu enty dalam tabel otoritas
-       Insert table of authority: untuk menyisipkan tabel otoritas ke dalam dokumen
-   Update table of authority: untuk memperbarui tabel otoritas kemudian memasukkan semua  kutipan dari entri dokumen.
5.        Mailings
Pada tabulasi Mailings terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Create,  terdapat beberapa perintah:
-       Envelopes: untuk membuat dan mencetak amplop
-       Labels: untuk membuat dan mencetak labels pada amplop
b.    Start mail merge, terdapat beberapa perintah:
-    Start mail merge: memulai membuat mail merge untuk berbentuk surat yang dapat di cetak atau menggabungankan e-mail dan membuat suatu kumpulan dokumen seperti bentuk surat yang dikirim ke banyak pelanggan atau selembar label alamat. 
-       Select recipients: untuk memilih orang yang akan dikirimi surat berdasarkan daftar yang ada.
-       Edit recipient list: untuk mengubah daftar dari penerima dan diputuskan untuk menerima surat.
c.    Write & insert fields, terdapat beberapa perintah:
-  Highlight merge fields: memunculkan nama field yang disertai tanda pangkat yang membantu membedakan bidang dalam dokumen utama dari teks biasa.
-       Aderess block: untuk menambahkan alamat dari surat.
-       Greeting line: untuk menambahkan garis ucapan dari dokumen.
-       Insert merge filed: untuk menyisipkan bentuk apapun (nomor telepon, nama perusahaan, dll) dari daftar penerima.
-       Rules: aturan spesify aturan untuk menambah kemampuan penggabungan e-mail
-       Match fields: untuk memberitahukan kata dari bidang yang berbeda dalam daftar penerima
-  Update label: untuk memperbarui semua label  dalam dokumen yang digunakan untuk menginformasikan  dari daftar penerima.
d.   Preview result, terdapat beberapa perintah:
-       Preview results: untuk melihat pratinjau dokumen yang digabungkan
-    Find recipient: untuk mencari dan melihat catatan khusus pada daftar penerima dengan mencari teks.
-  Auto check for errors: untuk menentukan bagaimana menangani kesalahan yang terjadi saat menyelesaikan penggabungan e-mail
e.    Finish, terdapat perintah finish & merge yang artinya bahwa penggabungan e-mail telah selesai.
6.        Review
Pada tabulasi Mailings terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Proofing, terdapat beberapa perintah:
-       Spelling & grammar: untuk memeriksa ejaan dan grammer teks dalam dokumen
-       Research: untuk membuka task pane untuk mencari melalui bahan referensi, ensiklopedia, kamus, dan layanan terjemahan
-   Thesaurus: untuk memberikan saran kata lain dengan makna yang sama untuk kata yang telah dipilih
-       Translete:untuk menerjemahkan kata yang dipilih dalam beda bahasa.
-      Translation screentip: memungkinkan screen tip yang menerjemahkan kata pada kursor ke dalam bahasa lain
-    Set language: mengatur bahasa yang digunakan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dari teks yang dipilih
-       Word count: mengetahui jumlah kata-kata, karakter, paragraf, dan baris dalam dokumen
b.    Comments, terdapat beberapa perintah:
-       New comment: untuk menambahkan  komentar pada kata atau kalimat yang dipilih
-       Delete: untuk menghapus komentar yang dipilih
-       Previous: untuk bergerak ke komentar sebelumnya dalam dokumen
-       Next: untuk bergerak ke komentar selanjutnya dalam dokumen
c.    Tracking, terdapat beberapa perintah:
-   Track changes: melacak semua perubahan yang dilakukan pada dokumen, termasuk penyisipan, penghapusan, dan format perubahan
-       Ballons: untuk memilih bagaimana menampilkan perbaikan dari dokumen
-   Final showing markup: untuk memilih bagaimana untuk melihat bagian yang diusulkan dalam dokumen
-       Show markup: untuk memilih jenis markup untuk dimunculkan dalam dokumen
-       Reviewing pane: untuk menampilkan pembaharuan/ revisi dalam jendela terpisah
d.   Changes, terdapat beberapa perintah:
-       Accept and move to text: untuk menyetujui semua perubahan  dalam dokumen
-       Reject: untuk menolak semua perubahan dan perpindahan ke usulan perubahan berikutnya
-    Previews: untuk bergerak ke revisi sebelumnya dalam dokumen baik yang telah diterima  atau ditolak perubahannya
-       Next: untuk bergerak ke revisi selanjutnya dalam dokumen baik yang telah diterima  atau ditolak perubahannya
e.    Compare, terdapat beberapa perintah:
-       Compare: untuk membandingkan dan menggabungkan beberapa versi dalam dokumen
-       Show source documents: untuk memilih sumber dokumen yang akan ditunjukkan
f.   Protect, terdapat perintah protect document: untuk membatasi orang-orang bisa mengakses dokumen.
7.        View
Pada tabulasi View terdiri dari beberapa menu yaitu:
a.    Document views, terdapat beberapa perintah:
-       Print layout: untuk menampilkan dokumen yang akan dicetak.
-    Full screen reading: untuk melihat dokumen dengan layar penuh agar mudah dibaca dan diberi komentar.
-       Web layout:untuk melihat dikumen yang akan terlihat sebagai halaman web
-       Outline: untuk melihat garis besar dokumen.
-       Draft: untuk melihat draf yang dengan cepat dapat mengedit teks
b. Show/ hide, terdapat perintah yang dapat muncul dan disembunyikan dengan cara memberikan checklist pada ruler, gridlines, document map, dan thumbnails
c.    Zoom, terdapat beberapa perintah:
-       Zoom: untuk membuka pengaturan pembesaran pada dokumen dalam layar.
-       100%: untuk memperbesar dokumen pada layar pada posisi normal (100%)
-       One page: untuk memperbesar dokumen sehingga seluruh halaman sesuai dalam layar
-    Two pages: untuk memperbesar dokumen menjadi dua halaman sehingga halaman sesuai dalam layar
-   Page width: untuk memperbesar halaman dengan menyesuaikan lebar halaman sehingga sesuai lebar dengan layar.
d.   Window, terdapat beberapa perintah:
-       New window: untuk membuka jendela baru yang berisi dokumen yang sedang dibuka saat ini.
-       Arrange all: mengatur semua program windows yang terbuka pada layar
-    Split: untuk memisahkan dokumen yang dibuka saat ini menjadu dua bagian  sehingga dapat terlihat perbedaannya dalam waktu yang bersamaan.
-       View side by side: untuk melihat  dua dokumen untuk membandingkan isi dokumen tersebut.
-  Synchronous scrolling: untuk mencocokkan gulungan dari dua dokumen sehingga dokumen tersebut dapat digulungkan secara bersama-sama
-       Reset window position: untuk mengulangi posisi layar dokumen untuk dibandingkan
-       Switch windows: untuk memilih perbedaan dokumen yang sedang dibuka saat ini.
e.    Macros, terdapat perintah macros untuk melihat secara mikro dari yang telah dibuat atau dihapus.
Wassalamualaikum...
Semoga Pembahasan kali ini mengenai Microsoft Word secara umum bermanfaat bagi kita semua.. Amin..

0 komentar:

Posting Komentar