Senin, 22 April 2013

Hari Bumi

Assalamualaikum...

Selamat Hari Bumi kawan...
Tadi di kampus ungu (Faculty of Public Health) memperingati Earth Day yang selalu mengadakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk mengajak kita untuk peduli terhadap bumi. Konsepnya ga beda jauh sama tahun-tahun kemarin berbasis lingkungan hidup yaitu mengurangi keluaran CO2 jadi bagi mahasiswa yang mengendarai motor ya harus dengan ikhlas deh matiin mesin menuju ke tempat parkir area kampus.
so.. otomatis tenaga mesin diganti tenaga manusia, yups bener 'nuntun motor' hehehe.
Tapi hal tersebut ga jadi masalah, demi bumi kita sekaligus tempat tinggal kita juga yang harus dijaga kelestariannya agar kita juga nyaman dan betah tinggalnya... kenapa tidak. Kegiatan tersebut memberi nilai positif bagi kita agar lebih menghargai bumi kita ini, terlebih lagi jika kegiatan tersebut bisa dijadikan tradisi di kampus.

Apa sih hari bumi itu?
Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Hari Bumi pertama dihadiri sekitar 20 juta warga Amerika. Hari Bumi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia mulai tahun 1990 dan sekarang dirayakan di lebih dari 175 negara. Tanggal 22 April secara resmi ditetapkan sebagai Hari Bumi International oleh Amerika Serikat pada tahun 2009 (TEMPO.CO).

PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John Mc Connell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari  tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret (wikipedia.org).

Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hidup. Google Doodle Hari Bumi 2013 merupakan Google Doodle Hari Bumi yang ke-13 yang diposting oleh google sebagai home page sejak 2001 dan merupakan animasi Google Doodle Hari Bumi yang ketiga.

Untuk Hari Bumi 2013, Google membuat doodle animasi lingkungan hidup dengan tema yang dapat berubah-ubah menjadi siang dan malam. Doodle semakin atraktif dengan animasi bunga-bunga, ikan-ikan di sungai, dan burung yang berterbangan. Pada saat memperingati Hari Bumi tahun 2012, Google memposting Google Doodle berupa bunga-buga mekar berwarna ungu, merah, dan kuning yang membentuk kata google.

Sedangkan tahun 2011, Google Doodle bergambar panda di antara pohon-pohon bambu, sekawanan penguin, singa, kupu-kupu, kodok melompat dan air terjun yang mendeskripsikan suatu habitat dan lingkungan hidup. Kemudian tahun 2009, doodle berbentuk es yang mencair di atas laut menunjukkan perubahan iklim.

Dengan diperingatinya Hari Bumi ini kita menjadi sadar akan pentingnya menjaga bumi ini. Jadi kegiatan positif yang dilakukan pada Hari Bumi seharusnya bersifat terus-menerus artinya tidak harus dilakukan hanya pada Hari Bumi saja. Kegiatan tersebut bisa kita mulai dari hal-hal yang sederhana misalnya membiasakan tidak membuang sampah sembarangan, menghemat air, mematikan lampu disiang hari dsb.

Oke kawan semoga bermanfaat
Terimaksih dan sekali lagi 'Selamat Hari Bumi'
Wassalamualaiku...

0 komentar:

Posting Komentar