Senin, 08 April 2013

Pergeseran Edemisitas GAKY

Assalamualaikum...

Kali ini aku ingin berbagi pengetahuan nih mengenai GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium). 
Meskipun yodium dibutuhkan sedikit oleh tubuh, namun fungsinya sangat penting bagi sintesis hormon tiroksin yaitu hormon yang diperlukan bagi pertumbuhan fisik dan mental tubuh manusia (Almatsier 2001). GAKY merupakan defisiensi yidium yang berlangsung lama akibat pola konsumsi pangan yang kurang mengonsumsi yodium sehingga akan mengganggu fungsi kelenjar tiroid, yang secara perlahan menyebabkan kelenjar membesar. Defisiensi yodium akan menguras cadangan yodium serta mengurangi produksi tetraiodotionin/ T4. Penurunan kadar T4 dalam darah memicu sekresi Thyroid Stimulating Hormone/ TSH yang selanjtnya menyebabkan kelenjar tiroid bekerja lebih giat sehingga bentyknya kemudian membesar.

Tau ga, sekarang masalah ini tidak hanya menyerang daerah dataran tinggi tapi juga daerah yang memiliki produksi garam yang tinggi/ daerah dataran rendah. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran prevalensi GAKY ke daerah pesisir pantai, diantaranya:
  1. Faktor konsumsi pangan akan bahan goitrogenik (daun singkong, jengkol, pete, terong, kol dan jeruk nipis) menjadi salah satu penyebab tingginya prevalensi GAKY daerah pantai, dimana bahan-bahan tersebut dapat menghambat sintesis yodium.
  2. Rendahnya konsumsi ikan laut segar dan kering juga mengurangi intake energi, protein, serta yodium karena tingkat ekonomi rendah sehingga masyarakat cenderung menjual ikan hasil tangkapannya untuk memenuhi kebutuhan pangan yang lain.
  3.  Masyarakat juga tidak mengonsumsi garam yang difortifikasi yodium dan memilih garam curah untuk kebutuhan sehari-hari sehingga kadar yodium dalam tubuh juga akan berkurang.
  4. Dari penggunaan air untuk dikonsumsi, terkadang penduduk sekitar pantai lebih memilih air yang diperoleh dari membeli dengan kadar yodium rendah (berasal dari pegunungan).
  5. Faktor lain yang juga ikut berperan dalam timbulnya GAKY adalah pencemaran bahan (deterjen/ peroksida) makanan yang berasal dari laut, senyawa tersebut akan menggingu proses biosintesis hormon tiroid.
  6. Rendahnya tingkat pengetahuan juga berpengaruh pada perilaku penduduk, menurut hasil penelitian garam yang digunakan oleh penduduk disimpan di tempat terbuka (Gunanti, 1999).
Hasil survey memperlihatkan bahwa Jawa Timur tergolong daerah endemik ringan dengan TGR 16,3% lebih tinggi dari angka nasional yaiti 9,8% (Depkes RI, 1998 dalam Bachtiar , 2009). Pada tahun 2003 di Jawa Timur terjadi peningkatan TGR menjadi 24% pada daerah yang berada dekat laut merupakan daerah endemik GAKY berat dengan TGR berkisar 30% (Depkes RI, 1998 dalam Bachtiar , 2009).

Nah, inget ya kawan seperti yang dikatakan tadi, meskipun kebutuhan akan yodium sedikit namun fungsinya dalam tubuh sangat diperlukan. Jadi tetap jaga keseimbangan akan kebutuhan zat gizi ya kawan..

Oke terimakasih
Wassalamualaikum..



0 komentar:

Posting Komentar