Jumat, 05 April 2013

Membuka Pengetahuan Mengenai Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember
Assalamualaikum...
Kalian tau ga? Apa sih ilmu Kesehatan Masyarakat?

Sedikit curhat nih dulu waktu aku pertama mengenal salah satu jurusan di Universitas Jember, aku interest banget nih sama ilmu Kesehatan Masyarakat tanpa mengetahui apa sih sebenernya fokus kajiannya. Agak galau dikit sih, karena dari beberapa ilmu kesehatan seperti keperawatan, farmasi, dan kedokteran yang udah jelas-jelas kajiannya mengenai paisen atau yang sering kita sebut dengan istilah kuratif dan rehabilitatif.

Terus bagaimana kalo Kesehatan Masyarakat...? Kalian punya pendapat..?
Nih aku punya beberapa sumber-sumber mengenai "Apa Sih Kesehatan Masyarakat"
  1. Menurut WHO, Kesehatan Masyarakat (Public Health) yaitu: Public Health  refers to all organized measures (wheather public or private) to prevent disease, promote health, and prolong life among the population as a whole. It activities aim to provide conditions in which people can be healthy and focus on entire populations, not on individual patients or diseases. Thus, public health is concerned the total system and not only the eradication of particular diseases. (WHO, 2008)
  2.  Menurut profesor Winslow dari Universitas Yale, definisi ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi ,melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.
  3. Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.
  4. menurut Prof. Umar Fahmi Achmadi, M.P.H., Ph. D, Kesehatan Masyarakat adalah upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat atau komunitas dengan teknis berbasis wilayah, bersifat preventif dan promotif, ada keikutsertaan masyarakat dalam upaya tersebut, pendekatatan multidisiplin dan kemitraan atau partnership.
Dari beberapa pengertian Kesehatan Masyarakat diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan masyarakat itu meluas rtidak hanya berurusan dengan sanitasi, teknik sanitasi, ilmu kedokteran kuratif, ilmu kedokteran pencegahan sampai dengan ilmu sosial, dan itulah cakupan ilmu kesehatan masyarakat.

Secara garis besar, disiplin ilmu Kesehatan Masyarakat atau sering disebut dengan pilar utama ilmu Kesehatan Masyarakat ini antara lain:
  1. Biostatistik
  2. Kesehatan Lingkungan
  3. Pendidikan Kesehatan dan Perilaku
  4. Administrasi Kesehatan Masyarakat
  5. Gizi Masyarakat
  6. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  7. Kesehatan Reproduksi masyarakat
jadi, bagi mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang awam akan fokus kajian ilmu Kesehatan Masyarakat, sekarang ga usah khawatir dan bingung ketika kalian mempelajari banyak hal (ilmu sosial dan kesehatan) di Kesehatan Masyarakat. Keilmuannya memang memiliki lingkup yang sangat luas karena kita mempelajari kesehatan dalam komunitas.
So., kita bakalan mempelajari berbagai segi sosial yang dapat mempengaruhi kesehatan di masyarakat sehingga kita dapat mencegah mereka agar tidak sakit. Mengapa demikian..? yap.., karena dalam ilmu Kesehatan Masyarakat juga mempelajari karakteristik masyarakat, budaya, dan kepercayaan yang mereka anut. Sehingga dari hal tersebut nantinya kita bisa merubah perilaku mereka agar tidak sakit dan menjadi lebih sehat.

Semoga sharing pagi ini bisa membuka pemahaman kalian mengenai ilmu Kesehatan Masyarakat.

Terimaksih...
Wassalmualaikum...
 

0 komentar:

Posting Komentar