Kamis, 25 April 2013

Diabetes pada Bumil


http://artikelkesehatanwanita.com/wp-content/uploads/2012/11/waspadai-diabetes-melitus-gestasional-220x199.jpg

Assalamualaikum...

Sharing mengenai diabetes, apakah kalian tahu mengenai diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil?
Menurut sumber yang aku dapatkan, ternyata diabetes itu juga bisa menyerang pada ibu hamil. Dan kagetnya lagi diabetes tersebut hanya terjadi pada wanita yang hamil.
Berdasarkan http://www.ibudanbalita.net diabetes yang hanya terjadi pada masa kehamilan adalah Gestational diabetes. Diabetes gestasional merupakan kondisi dimana kadar gula darah lebih tinggi saat sedang hamil dan biasanya akan kembali normal setelah bayi lahir. Selama hamil, perempuan dengan diabetes gestasional memperlihatkan ketidaknormalan metabolisme mirip dengan orang yang menderita diabetes mellitus tipe 2, seperti resistensi insulin dan kurangnya kompensasi sel beta terhadap resistensi insulin. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah bagi ibu hamil dan bayinya. Bayi mungkin akan tumbuh terlalu besar sehingga menyebabkan masalah selama persalinan. Wanita yang telah menderita diabetes gestasional lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari ketimbang wanita lain.

Penasaran mengenai penyebabnya, nih aku kasih sumber:
Menurut American Diabetes Association, diabetes gestasional mempengaruhi empat persen dari seluruh wanita yang tengah hamil. Dokter sebenarnya tidak yakin apa yang menjadi penyebab diabetes tersebut. Tetapi diyakini bahwa hormon dari plasenta menghalangi aksi insulin pada ibu sehingga mempengaruhi kadar gula dalam darah mereka.
Menurut majalahkesehatan.com, penyebab diabetes kehamilan diduga karena kebutuhan insulin yang meningkat sampai 2-3 kali lebih tinggi selama kehamilan. Di sisi lain, sejumlah hormon yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan janin bertindak berlawanan dengan insulin. Jika efek hormon-hormon melebihi kemampuan ibu untuk memproduksi insulin yang cukup, kadar glukosa darah akan meningkat.
Wanita yang hamil pada usia di atas 30 tahun berisiko lebih tinggi terkena gangguan ini. Faktor risiko lain adalah keturunan (terutama bila orang tua atau saudara kandungnya memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2), kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25 kg/m2), pernah menderita diabetes kehamilan sebelumnya, dan riwayat penyakit sindrom ovarium polikistik (PCO).

Menurut id.prmob.net ada 2 subtipe diabetes gestasional (diabetes yang dimulai selama kehamilan):
  • Tipe A1: tes toleransi glukosa yang abnormal oral (TTGO) tetapi tingkat glukosa darah normal selama puasa dan 2 jam setelah makan, modifikasi diet memadai untuk mengontrol kadar glukosa
  • Tipe A2: TTGO yang abnormal diperparah oleh tingkat glukosa abnormal selama puasa dan / atau sesudah makan; terapi tambahan dengan insulin atau obat lain yang diperlukan 
Nah gimana kalian sudah tahu kan, kalo ibu hamil juga berisiko mengalami diabetes.. so bagi para calon ibu hamil dan ibu yang telah hamil hati-hati ya...
Semoga bermanfaat, terimakasih
Wassalamualaikum...

0 komentar:

Posting Komentar