Minggu, 21 April 2013

Sejarah Imunisasi

Assalamualaikum...

Imunisasi berasal dari kata imun yang berasal dari bahasa latin, immunitas yang berarti pembebasan atau kekebalan. Imunisasi adalah suatu upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan kuman atau bibit kuman yang telah dilemahkan atau dimatikan kedalam tubuh, dengan memasukan kuman atau bibit penyakit tersebut, tubuh dapat menghasilkan zat anti yang pada saatnya digunakan tubuh untuk melawan kuman atau bibit penyakit penyerang tubuh (http://www.ibudanbalita.net). Imunisasi merupakan teknologi yang sangat berhasil di dunia kedokteran oleh Katz (1999) dikatakan imunisasi adalah “sumbangan ilmu pengetahuan yang terbaik yang pernah diberikan para ilmuwan di dunia ini”.
Berecerita mengenai imunisasi mungkin diantara pembaca belum mengetahui bagaimana sejarah imunisasi muncul di Indonesia.

Sejarah Imunisasi di Indonesia telah dimulai sejak abad ke-19 yang dilaksanakan untuk pemberantasan penyakit cacar. Program Imunisasi di Indonesia memiliki sejarah panjang dan telah mencapai banyak keberhasilan selama empat dekade terakhir. Menurut sumber yang didapatkan dari infoimunisasi.com bahwa sejarah imunisasi di Indonesia adalah:
  1.  Tahun 1956 : Pelaksanaan kegiatan imunisasi untuk penyakit cacar
  2.  Tahun 1956: Indonesia berhasil dinyatakan bebas penyakit cacar oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia)
  3.  Tahun 1956: Penyelenggaraan program imunisasi BCG
  4.  Tahun 1973: Pelaksanaan kegiatan imunisasi untuk penyakit cacar
  5.  Tahun 1974: Program imunisasi vaksin TT kepada ibu hamil
  6.  Tahun 1976: Mulai dikembangkan imunisasi DPT pada beberapa kecamatan di pulau Bangka
  7.  Tahun 1977: Penetapan fase persiapan Pengembangan Program Imunisasi (PPI)
  8.  Tahun 1980: Program imunisasi secara rutin terus dikembangkan dengan memberikan beberapa antigen, yaitu BCG, DPT, Polio dan Campak.
  9.  Tahun 1992: Program imunisasi Hepatitis B mulai diperkenalkan kepada beberapa kabupaten di beberapa propinsi
  10.  Tahun 1995: Penyelenggaraan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) I
  11.  Tahun 1996: Penyelenggaraan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) II
  12.  Tahun 1997: Penyelenggaraan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) III
  13.  Tahun 1997: Program imunisasi Hepatitis B dilaksanakan secara nasional
Pada tahun 1974, cakupan imunisasi di Indonesia baru mencapai 5% sehingga pemerintah pada tahun 1977 menyelenggarakan PPI atau Expanded Program on Immunization (EPI).  Program PPI merupakan program pemerintah dalam bidang imunisasi guna mencapai komitmen internasional dalam rangka percepatan pencapaian Universal Child Immunization (UCI) pada akhir tahun 1982. Keberhasilan pemerintah dalam mecapai UCI secara nasional dapat dicapai pada tahun 1990 dengan cakupan imunisasi mencapai 90%. Sehingga keberhasilan Indonesia dalam penyelenggaraan program imunisasi mampu menarik perhatian dunia. Dan akhirnya Indonesia terlibat dalam mewujudkan aksebilitas, keterjangkauan dan akuntabilitas imunisasi di tingkat global. (http://infoimunisasi.com)

Demikian mengenai sejarah imunisasi di Indonesia
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum...

0 komentar:

Posting Komentar